Cara Ampuh Disable Atau Mematikan Keyboard Internal Pada Laptop


Pada artikel sebelumnya saya sudah membagikan cara untuk menonaktifkan salah satu tombol di keyboard untuk mengatasi permasalahan keyboard yang rusak atau error pada laptop, ternyata permasalahan yang saya alami masih berlanjut, keyboard laptop saya masih tetap error, akhirnya saya memilih untuk disable atau mematikan keseluruhan fungsi keyboard internal pada laptop saya dan menggantinya dengan menggunakan keyboard eksternal.

Biasanya error pada keyboard internal akan terus muncul walaupun kita sudah menggunakan keyboar eksternal, maka dari itu kita harus mematikan terlebih dahulu keyboard internal agar tidak menekan sendiri secara terus menerus, bagi kalian yang ingin mematikan keyboard internal dengan cara ini sebaiknya kalian juga menyiapkan mouse eksternal, karena biasanya touchpad pada laptop akan mati juga.

Tentunya hal ini akan membuat kita lebih susah untuk membawa laptop kemana - mana karena harus membawa keyboard dan mouse eksternal agar laptop kita bisa berfungsi lagi, tetapi mau bagaimana lagi kalau ingin menghemat biaya membeli keyboard eksternal yang harganya jauh lebih murah dibandingkan memperbaiki keyboard internal pada laptop.

Cara Disable Atau Mematikan Keyboard Internal Laptop Di WIndows 7

1. Langkah pertama pergi ke Device Manager, dengan cara buka start menu windows kalian, pada Computer klik kanan lalu pilih Properties, dan klik Device Manager


2. Pada Device Manager, lihat bagian keyboard, lalu pilih driver keyboard yang digunakan di laptop sobat, lalu klik Kanan, pilih Update Driver Software (biasanya bernama Standard PS/2 Keyboard, punya saya sudah saya disable keyboardnya)


3. Selanjutnya pilih Browse my computer for device software


4. Klik Let me pick a list of device driver on my computer


5. Nah pada bagian ini hilangkan tanda centang pada kolom Show compatible hardware, akan muncul banyak pilihannya seperti dibawah ini, silahkan sobat pilih driver yang berlawanan atau tidak compatible dengan driver laptop sobat, contohnya disini saya menggunakan laptop acer, dan saya memilih Key Tronic, lalu tekan next


6. Akan muncul peringatan bahwa driver yang kita pilih tidak compatible, abaikan saja dan tekan tombol Yes.


7. Terakhir tekan close, maka keyboard internal pada laptop sobat sudah berhasil di matikan, jangan lupa untuk memasang keyboard dan mouse eksternal.


Jadi pada intinya cara mematikan keyboard pada tutorial kali ini adalah dengan cara menggunakan driver yang tidak compatible sehingga membuat keyboard internal tidak berfungsi karena driver yang digunakan tidak compatible, jika ada yang kurang jelas silahkan bertanya melalui kolom komentar.

Disqus Comments